Apa itu Backlink & pengaruh terhadap kinerja SEO

By | May 24, 2021

Apa itu SEO?

Search Engine Optimization atau SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Optimasi ini memungkinkan search engine atau mesin pencari menilai apakah suatu website layak ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak.

Pengertian backlink

Backlink adalah sebuah link atau tauatan aktif menuju situs / website yang secara sengaja atau tidak dibuat untuk membuat arus data trafik tambahan.

Format / Tag backlink

<a href=”/“>Backlink #1</a>

Backlink dibagi menjadi 2:

Nofollow
Dofollow

Backlink Nofollow adalah atribut link HTML yang telah tertanam pada situs untuk memberitahukan pada Search Engine bahwa link tersebut bersifat nofollow, artinya tidak memberikan nilai atau dapat mempengaruhi peringkat di mesin pencari.

link nofollow dapat membantu mengurangi berbagai aktifitas spam serta dapat mencegah peng-indexan spam.

Contoh:

<a href=”https://www.skypbn/” rel=”NoFollow”>link #1</a>

Backlink Dofollow adalah merupakan backlink yang memungkinkan Search Engine Google atau Search Engine lainnya untuk dapat merayapi dan melakukan index link tersebut.

Dengan adanya Backlink Dofollow dapat memberikan dampak yang baik bagi situs karena bukan hanya user melainkan Search Engine juga dapat merayapi backlink tersebut.

Contoh:

<a href=”https://www.skypbn/” rel=”DoFollow #2”>link</a>

Pengaruh backlink untuk SEO

Opini Google tentang seberapa penting nilai sebuah backlink. PageRank adalah indikator penting, tetapi itu merupakan satu dari 200 lebih indikator SEO yang gunakan untuk menentukan relevansi.

Secara umum, tautan dari situs (Backlink) dipandang sebagai nilai plus untuk kualitas situs.

Pastikan situs anda mendapatkan backlink yang dibuat secara manual dan bertahap, bukan dengan tools atau skema backlink yang melanggar pedoman kualitas Google.

Backlink menjadi 1 dari 200 faktor yang bisa meningkatkan performa SEO, namun harus dengan syarat “backlink berkualitas”.

10 backlink lebih berpengaruh ketimbang 1000 model backlink dangkal / spam. Ingat bukan jumlah namun kualitas dan tingkat relevansi konten !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *