Langkah Optimasi SEO On Page untuk Website Yang Tepat

By | June 5, 2021

Optimalisasi SEO dapat dilakukan dengan dua teknik. Pertama, menggunakan teknik SEO On Page dan kedua menggunakan teknik SEO Off Page. Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai perbedaan teknik SEO On-Page vs SEO Off-Page.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tips sukses melakukan teknik SEO On Page. Sebelumnya saya akan mencoba mengingatkan kembali beberapa hal mengenai Teknik SEO On Page.

Teknik SEO On Page merupakan teknik optimalisasi yang dilakukan pada website itu sendiri. Tujuan teknik ini diantaranya untuk memberikan manfaat (value) website bagi visitor, memudahkan visitor melakukan eksplorasi website, membuat visitor betah berada di website, dan mempermudah mesin pencari mengerti dengan struktur website kamu.

1. Buat Konten yang Berkualitas

Untuk melakukan teknik SEO On Page, langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu membuat konten yang berkualitas. Dengan konten yang berkualitas, akan mendatangkan banyak visitor yang betah berada di website kamu.

Selain berkualitas, konten yang kamu buat juga harus memberikan manfaat. Visitor akan merasa senang dan berkunjung kembali ke website yang menyediakan konten dengan value (manfaat) bagi pembacanya.

Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas? Kamu bisa baca artikel sebelumnya mengenai 5 Tips Menulis Konten Berkualitas Untuk Optimalisasi SEO.

2. Temukan Keyword yang Tepat

Setelah menghasilkan konten yang berkualitas, tentunya konten tersebut membutuhkan kata kunci (keyword) yang tepat agar konten yang kamu buat mudah ditemukan di mesin pencarian.

Bukan hanya konten, website kamu juga harus menggunakan keyword yang tepat agar memudahkan visitor melakukan eksplorasi website dan berada pada peringkat yang bagus.

Untuk menemukan kata kunci yang tepat, baca artikel sebelumnya mengenai 3 cara mudah temukan kata kunci artikel kamu.

3. Buat Judul Halaman yang Menarik

Selain keyword, hal yang perlu dioptimalkan dalam sebuah website yaitu judul halaman yang menarik. Judul merupakan elemen utama yang dibaca visitor dari sebuah halaman website sebelum melanjutkan membaca isi dari halaman tersebut.

Jika kamu mampu membuat judul yang menarik di sebuah halaman website, tentunya akan membuat visitor semakin penasaran dan melanjutkan membaca.

Dan jangan lupa menyertakan kata kunci (keyword) pada judul yang kamu buat.

4. URL yang Singkat dan Deskriptif

Poin selanjutnya yang harus kamu perhatikan yaitu URL website. Buatlah URL yang dapat mendeskripsikan isi (konten) dari suatu halaman website dan mengandung kata kunci (keyword).

URL yang mengandung kata kunci dapat mempengaruhi peringkat website kamu di mesin pencarian.

Contoh: Sebuah halaman website yang berisi “jasa pembuatan website”, sehingga kamu bisa membuat URL seperti “domain.com/jasa-pembuatan-website”.

5. Meta Description yang Menarik

Meta description merupakan penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman website. Meta description digunakan pada hasil mesin pencari untuk menampilkan gambaran singkat dari halaman tersebut.

Berikut tips mengoptimalkan media website:

  • Gunakan gambar atau video yang berhubungan dengan konten.
  • Gunakan ekstensi yang tepat, misalnya ekstensi .jpg untuk gambar dan ekstensi .mp4 untuk video.
  • Pastikan resolusi gambar sesuai dengan resolusi tampilan website.
  • Kompres gambar supaya lebih optimal dan tidak mengganggu loading website.
  •  Gunakan Referensi Link
  • Saat kamu membuat konten, terkadang kamu harus mengutip konten milik orang lain untuk dimasukkan ke dalam konten kamu. Misalnya saat mengambil hasil suatu penelitian atau riset.

Nah, hal terpenting yang perlu kamu ingat ketika mengutip konten orang lain yaitu memasukkan referensi (sumber) berupa link yang mengarah pada konten tersebut.

6. Gunakan Internal Link

Tips SEO On Page selanjutnya yaitu penggunaan internal link. Penggunaan internal link dalam sebuah website juga hal yang dapat meningkatkan optimalisasi SEO. Karena secara bersamaan mesin pencari akan mengindeks beberapa halaman website secara bersamaan.

Selain itu, internal link akan membantu kamu untuk mengurangi tingkat bounce rate website. Tanpa kamu sadari, dengan internal link akan membuat visitor betah berada di website kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *